SEJARAH SINGKAT PT. VERITAS DHARMA SATYA

Riwayat pembentukan PT. Veritas Dharma Satya (PT VDS) lebih bersifat historis-personal, sebuah kisah pribadi yang bergerak dari pengalaman konkrit.

Pendiri perusahaan ini, Valens Daki-Soo, lahir di tengah keluarga sederhana. Ayahnya seorang guru dan ibundanya seorang ibu rumah tangga yang juga bertani. Sejak SMP hingga perguruan tinggi, ia bersekolah di lingkungan seminari (pendidikan calon imam Katolik) yang menekankan pengajaran filsafat-teologi dan pendidikan humaniora. Setelah menamatkan pendidikannya, ia bekerja sebagai wartawan dan kemudian direkrut menjadi staf Duta Besar RI dengan Tugas Khusus (untuk urusan Timor Timur saat itu), lalu menjadi Staf Khusus Wakil KSAD Letjen TNI Kiki Syahnakri dan kemudian ikut membantu di Satgas Bom Polri yang dibentuk Brigjen Pol Gories Mere (terakhir pensiun dengan pangkat Komjen Pol).

Valens Daki-Soo mulanya ingin terjun sepenuhnya di dunia politik. Namun, ia ‘terbentur’ pada kenyataan bahwa idealisme di bidang politik sering ‘tak berdaya’ menghadapi fenomena dahsyatnya kekuatan uang di dunia politik. Kompetisi dan kontestasi politik yang lebih didominasi ‘money power’ membuat politisi yang hanya mengandalkan idealisme sulit untuk ‘survive’.

Dia pun mengalihkan fokus dan orientasinya ke dunia bisnis. Seorang relasinya yang berprofesi bankir menyarankan Valens untuk menjalankan bisnis “training and consulting”. Maka tahun 2011 Valens mendirikan VDS Consulting dan langsung mendapat tawaran untuk mengadakan pelatihan bagi para pimpinan cabang Bank Artha Graha Internasional, Tbk se-Jabodetabek dalam dua gelombang.

Merespon dinamika usaha yang kian positif, apalagi didukung sejumlah relasi yang memberikannya inspirasi dan motivasi, Valens melegalisasi usahanya dalam bentuk perseroan terbatas (PT) pada Juli 2012. Setelah divisi Training & Consulting, dibukalah divisi Outsourcing (untuk melayani kebutuhan sebuah bank swasta), divisi Publishing (menulis/mengedit sejumlah buku biografi para tokoh selain buku ilmiah-populer, juga buku bunga rampai pemikiran Wapres JK), serta divisi Security Service (dengan bendera “VDS Security”).

Kini makin banyak kalangan yang meminta tim trainer PT. VDS untuk memberikan pelatihan, baik di kalangan perbankan maupun di sektor swasta lainnya. Divisi-divisi lain pun makin bergerak maju dengan prinsip “Peluang tidak datang dengan sendirinya, melainkan dicari dan diciptakan.”

Inilah profil PT. Veritas Dharma Satya yang bertekad “Memberi yang Terbaik” dengan berbasis nilai kebenaran (Veritas), kebaikan (Dharma) dan loyalitas (Satya).